Translate

Jumat, 11 Maret 2011

Adrenoleukodistrophy

Adreneleukodistrophy (ALD) adalah kelainan metabolik dengan ciri khas berupa kerusakan selubung myelin pada sistem saraf dan degenerasi kelenjar adrenal. ALD memicu kelainan neurologis yang progresif, penurunan fungsi adrenal, bahkan kematian. ALD merupakan penyakit yang terkait kromosom X resesif dan dicirikan dengan akumulasi rantai panjang asam lemak jenuh pada lisosom di adrenal korteks dan white matter di sistem saraf pusat. Kelainan ini terjadi karena tubuh berhenti memproduksi enzim yang merombak asam-asam lemak tersebut.
Hampir semua kasus ALD terjadi pada laki-laki. Manifestasi klinis dari ALD antara lain dapat berupa kejadian Ataxia pada masa kanak-kanak, neurobehavioral, hiperpigmentasi, penurunan fungsi adrenal, kejang, lemah otot, hingga dementia. ALD pada orang dewasa dengan progresivitas yang lambat disebut adrenomyeloneuropathy. Gen pendefekasi ALD adalah ABCD1 dan terletak di Xq28, yang mengkode ALD protein. Kejadian ALD sangat langka di dunia.
Penyakit ini merupakan kelainan genetis yang diturunkan. Pada penderita ALD, selubung myelin pada serabut saraf di otot menghilangm dilanjutkan dengan degenerasi kelenjar adrenal, kecacatan neurologis, hingga kematian. Ada empat jenis prognosis pada penderita dengan gen ALD:

1. Neonatal ALD
Pada kasus ini, progresivitas penyakit amat cepat hingga kematian. Dapat terjadi pada pria dan wanita.

2. Childhood X-linked ALD
Jenis ini merupakan ALD yang paling sering ditemukan. Sesuai dengan namanya, terdapat gen abnormal yang terletak pada kromosom X. Wanita berpotensi menjadi karier karena mempunya dua kromosom X, dan menurunkannya kepada anak laki-laki (yang hanya memiliki satu kromosom X). Childhood X-linked ALD terjadi pada penderita berusia 4 sampai 10 tahun, memunculkan gejala kebiasaan yang abnormal, masalah koordinasi atau keseimbangan, dan penurunan prestasi di sekolah. Selanjutnya kemunduran yang terjadi meliputi kemampuan bicara, pendengaran, penglihatan, mobilitas dan dementia yang terjadi beberapa bulan pasca gejala awal. Penderita menjadi bergantung pada keluarga dan pelayanan sosial/kesehatan. Harapan hidup Childhood X-linked ALD berkisar antara 1-10 tahun.

3. Adult X-linked ALD.
Mirip karakteristiknya dengan Childhood X-linked ALD tetapi menyerang pria berusia 40 tahun ke atas.

4. Adrenomyeloneuropathy (AMN)
AMN dapat terjadi sejak penderita berusia 21-35 tahun dan lebih ringan sifatnya bila dibandingkan dengan ALD yang sama-sama menyerang spinal cord dan saraf. Gejala AMN meliputi kekakuan yang progresif, kelemahan/paralisis tungkai bawah, dan ataksia (gangguan koordinasi). Meskipun gejala tersebut bersifat fisik, hal ini disebabkan oleh gangguan fungsi otak

. ALD terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk mencerna rantai asam lemak yang sangat panjang (VLCFAs). Rantai asam lemak tersebut kemudian terakumulasi dalam otak dan menghancurkan selubung myelin. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan peroksisom, sebuah organel sel yang berfungsi menghacurkan asam-asam lemak, sintesis plasmalogen, kolesterol, serta pengontrolan tingkat oksalat.
Pada penderita ALD, otak dan sel-sel tubuh/efektor masih baik struktur dan fungsinya, namun impuls tidak dapat ditransmisikan melaui sistem saraf karena selubung myelinnya yang rusak. Misalnya, anak penderita X-linked childhood ALD tidak mengalami kerusakan fisik pada penglihatan/matanya, namun impuls dari mata untuk menjustifikasi apa yang dilihat tidak dapat sampai ke otak.
Semua jenis ALD juga berpotensi menyebabkan gangguan adrenal, yang harus ditangani dengan replacement steroid. Tetapi dalam beberapa kasus, beberapa karier gen ALD memiliki gangguan adrenal tanpa gangguan neurologis.
Wanita karier (heterozigot kromosom X) mungkin mengalami gejala ringan pada usia dewasa meliputi kekakuan progresif, kelemahan/paralisis tungkai bawah, ataxia, serta neuropathy perifer ringan (mati rasa, kelemahan, rasa sakit yang panas di malam hari, dan hilang refleks).


Referensi:
1. Adrenoleukodistrophy definition. Available at: URL: www.diseasedatabase.com. Accessed at March 2, 2011.
2. “What is ALD?”. Availabel at : URL: http://www.aldlife.org. Accessed at March 2, 2011.
3. National Institute of Neurogical Disorders and Stroke. Adrenoleukodistrophy information page. Available at: URL: http://www.ninds.nih.gov. Accessed at March 2, 2011.

Tidak ada komentar: