Translate

Rabu, 08 Juni 2011

Bangsal Pasien Anak RS Kanker Dharmais

(kalo bisa baca sambil denger lagu ‘Jangan Menyerah’nya D’masiv ya, then you’ll find out why  )

Rabu kemarin gw bersama temen2 tercinta –fisa, mega, fitri, wildan, yun,nunus- pergi ke RS Kanker Dharmais, tepatnya ke bangsal pasien anak dengan kanker. Selain buat ngisi waktu luang di liburan seminggu pasca modul biomol, kedatangan kita kemarin juga dalam rangka survey buat acara kunjungan sosial yang bakal gw dan komunitas gw; HES Community, berencana adain bulan Juli nanti.

Setelah embel2 ngaret, nyasar, dll, akhirnya kita sampe juga di Dharmais, well, kemarin itu adalah kali pertama gw ke Dharmais. Overall, rumah sakitnya bagus, tata letaknya apik, ga serame RSCM, dan yang paling gw suka adalah bangsal pasien kanker anaknya! Maan..bangsal itu beda banget sama di RSCM, terdekorasi dengan sangat baik dan sangat ‘anak-anak’; gambar kartun di dinding, ruang perpustakaan dengan buku anak2 yang lengkap dan lucu2, ruang bermain dengan boneka2 dan ayunan, dll, bisa dibilang surganya anak2 deh! Terutama buat mereka anak2 pasien kanker yang sehari2 hidupnya dilewatin di bangsal tersebut 

Setelah dapet briefing dan penjelasan yang cukup panjang dan menyentuh dari Kak Erwin dari YPKAI-C3 seputar acara yang bakal kita adain di Dharmais Juli nanti, akhirnya kita berkesempatan juga buat membesuk dan ketemu langsung sama adik2 pasien kanker.. 
And you know what? Mereka sangat lucu, ramah, dan menyenangkan :’)
Gw kenalan sama beberapa orang dari mereka.

Ada Noval, 11 tahun; si pipi tembem yang suka nyeletuk2 jenaka
Rita, 11 tahun; gadis manis yang kalem
Rizki, 10 tahun; si malu-malu tapi menghanyutkan
Amanda, 6 tahun; bocah imut nan cantik, senyumnya menawan dan ngena banget maan di ingetan gw :’)
Amanda tinggal di daerah radio dalam, waktu gw kesana, amanda lagi dicukur sampe botak
Vita, 4 tahun; yang demen banget keliling bangsal naik sepeda

Demi apapun, gw terharu banget nulis nama2 mereka .. :’)

Ya Allah, mereka semua sangat baik dan mengagumkan, gw ga bisa lupa sorot mata mereka yang menyiratkan semangat dan keikhlasan..kanker dalam diri mereka emang berprognosis buruk, banyak dari mereka yang gabisa hidup lebih lama, banyak dari mereka yang meninggal di usia muda, tapi Ya ALLAH..berikanlah selalu untuk mereka kesehatan dan kebahagiaan ya Allah.. :’)

Mereka bahkan pinter2 banget, contohnya si Noval, waktu ngobrol2 sama dia, dia bilang gini sama gw udah dikasih obat apa dia sama dokter hari itu, dan demi apa, gw bahkan gatau sama sekali obat2an yang mereka sebutin, abis ini gw harus belajar lebih banyak tentang kanker nih :)

Gw merasa banyak banget belajar dari anak2 itu, gw diceritain sama Kak Erwin, relawan disana, tentang betapa tingginya semangat, harapan, dan motivasi dari anak2 disana untuk bisa sembuh.

Gw diceritain sama Kak Erwin ada mantan pasien disana (sekarang udah meninggal) yang diakhir usianya dia bilang begini ke dokter yang merawatnya:

“Dokter, jangan menyerah ngobatin saya ya..”

Maan, gw kalo jadi dokternya udah nangis mungkin punya pasien dengan semangat hidup kaya gitu :’)

Di bangsal itu, kematian udah jadi hal yang ‘biasa’. Gw dkk bahkan dibilangin sama Kak Erwin untuk ga ngejalin hubungan yang terlalu erat sama adik2 disana, karena kematian mereka ga bisa ditebak kapan (sebenernya kita semua juga sih), pernah ada cerita seorang volunteer yang deket banget sama seorang pasien, ketika tiba2 adik tsb dipanggil Allah, si volunteer tadi jadi kehilangan banget.. sedih ya.. :’(

Jadi makin ga sabar gw buat bikin acara buat mereka bareng temen2 bulan Juli nanti, Ya Allah, gw pengen banget ngeliat mereka senyum lagi kayak kemaren, gw pengen ngeliat mereka bahagia, gw pengen nunjukin kalo masih ada orang2 yang peduli sama mereka, walopun mungkin hal itu adalah hal terakhir yang bisa gw lakukan buat mereka dalam hidup mereka..

P.S. buat yang mau ikut acara kunjungan ke mereka bulan Juli nanti, boleh banget loh, ayo tunjukin kepedulian kita buat mereka, dukungan psiko-sosial dari kita akan sangat berpengaruh positif buat mereka berjuang demi kesembuhan dan kehidupan mereka :’)

Buat siapapun yang berminat silakan hubungi gw yaaa :)

Dan tentang lagu Jangan Menyerah nya D’masiv, believe it or not, lagu itu diciptakan oleh D’masiv karena terinspirasi oleh anak2 di bangsal ini loh, mereka ternyata pernah kunjungan kesana juga.

1 komentar:

Bunda Husnul mengatakan...

mengharukan sekali mba, selain prihatin terhadap kondisi adik-adik kita, mungkin kita bisa bantu lebih selain doa, mohon sebarkan informasi ini. terapi imun untuk kanker (http://www.indonesiatransferfactor.com/2011/07/imunoterapi-penyembuh-kanker-masa-depan.html)
)http://www.indonesiatransferfactor.com/2011/08/solusi-dan-pengobatan-kanker.html)
semoga bermanfaat